by

Figma: Kenapa Kamu Harus Coba Design Tool Berbasis Web Ini

Banyak sekali software dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain. Salah satu tool yang menarik untuk dicoba adalah Figma. Selain memiliki fitur berbasis web, fitur apa lagi yang bisa dinikmati dari Figma?

Jika kamu pernah mencoba software Sketch, Figma mungkin memiliki sejumlah kemiripan dengan sofware design ini. Namun banyak pengguna yang mengungkapkan bahwa Figma memiliki berbagai fitur yang melampaui Sketch.

Karena fitur software berbasis web  yang dimilikinya, Figma dapat digunakan melalui peramban. Ada pula fitur yang memudahkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi online ini tanpa harus menggunakan koneksi internet.

Kenapa aplikasi berbasis web merupakan kelebihan yang harus diperhitungkan? Para pengguna Figma tidak perlu mengunduh, menginstal, dan terus menerus mengupdate seperti software desain lainnya.

Anda juga tidak perlu menyimpan dan mengorganisir hasil desain Anda. Semua data yang yang tela dibuat akan tersimpan secara otomatis di cloud. Satu alamat URL dapat langsung dibagiakan sehingga mereka yang memiliki alamat URL dari sebuah desain bisa langsung melihatnya. Anda juga tidak perlu mengunggah, menyinkronkan, dan mengatur PNG secara terus-menerus setiap Anda harus menggunakan gawai yang berbeda.

Sejauh ini, Figma memiliki fitur menarik yang bisa dinikmati para desainer dibandingkan software desain lainnya. Tapi jangan merasa puas dulu. Masih ada fitur-fitur lainnya yang ditawarkan Figma untuk membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah.

Sebuah software desain biasanya membutuhkan perangkat keras dengan spesifikasi yang mumpuni. Hal ini tentu berhubungan dengan kualitas dan kecepatan software tersebut dalam mengolah gambar.

Apakah Figma lambat? Mereka yang sudah mencoba sofware berbasis web ini mengungkapkan bahwa Figma justru dapat bekerja jauh lebih baik daripada Sketch. Bahkan aplikasi online ini dapat berfungsi dengan sangat baik untuk file-file berukuran besar.

Tapi Sketch menawarkan berbagai plugin yang membuat pekerjaan lebih mudah. Tapi Figma juga memiliki berbagai fitur yang mengkombinasikan banyak software dan aplikasi seperti Freehand, Sketch, Abstract, Invision, Liveshare, Craft, Dropbox, dan Zeplin.

Ini dia beberapa fitur Figma yang bisa Anda gunakan:

  • Antar muka dan fitur-fitur yang mirip dengan Sketch.
  • Prototyping. Fitur yang dapat dipilih mirip dengan fitur yang dimiliki Invision dan Craft.
  • Komentar. Siapa saja yang memiliki tautan ke suatu proyek desain di Figma bisa menambahkan komentar di bagian desain manapun. Anda juga bisa menandai orang lain dalam komentar Anda, menandai komentar jika telah dilaksanakan, dan bahkan komentar Anda bisa terintegrasi dengan Slack.
  • Pembagian sumber daya. Para pengmbang bisa mendapatkan informasi mengenai dimensi atau gaya yang diterapkan dalam sebuah desain. Mereka juga bisa mngunduh gambar dan ikon dari URL suatu proyek. Fitur ini mirip dengan yang dimiliki Zeplin, tapi Anda tidak perlu menyingkronkan artboard Anda setiap merubah desain.
  • Kontrol versi. Figma menampilkan daftar versi untuk seluruh kolaboratornya. Anda bisa menggunakan versi sebelumnya dari proyek di Figma. Fitur ini mirip dengan Time Machine yang dimiliki Mac.
  • Kolaborasi multipengguna. Banyak orang bisa berkolaborasi secara real time. Seperti Freehand, Anda bisa melihat kursor dari pengguna lainnya di layar. Mereka juga bisa menggambar sesuatu dan juga menambahkan komentar.
  • Liveshare. Jika Anda mengklik avatar seseorang, Anda bisa mengetahui apa yang mereka laihat dang mengikuti kursor mereka. Fitur InVision Liveshare juga sudah tersedia di software desain ini.
  • Components. Fitur ini mirip dengan Symbols pada Sketch, tapi dengan desain yang lebih mudah dan juga lebih fleksibel.
  • Constraint. Mirip dengan fitur Resizing pada Sketch.
  • Team Libraries. Anda bisa membagikan dan memperbaharui koleksi Components di seluruh proyek Anda.
  • Bonus. Anda juiga menempelkan proyek yang Anda buat di Figma pada Dropbox.

Jika Anda ingin menggunakannya, Figma menawarkan tiga paket penawaran.

  • Starter (Gratis)

Akun ini mencakup 2 editor dan 3 proyek. Anda juga bisa mengkases sejarah versi untuk 30 hari. Penyimpanan cloud yang Anda dapatkan tidak terbatas.

  • Profesional ($12 per editor/bulan)

Pengguna bisa membuat proyek yang tak terbatas dan mendapatkan sejarah versi yang juga tak terbatas. Pengguna dengan paket ini juga bisa melakukan kustomisasi file dan ijin pengguna. Ada fitur untuk membuat proyek hanya dapat diakses orang tertentu saja dan pustaka yang bisa diakses oleh anggota tim.

  • Organisasi ($45 per editor/bulan)

Paket ini pastinya memberikan seluruh fitur yang dimiliki Figma. Jadi Anda bisa mengerjakan proyek Anda dengan maksimal. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan software desain ini?

Comment

News Feed