by

WhatsApp Akan Hentikan Layanan Untuk Ponsel Ini Tahun Depan

Whatsapp akan segera menghentikan dukungannya untuk jutaan penggunanya. Jika ponsel kamu termasuk dalam daftar ponsel yang tidak akan mendapat dukungan aplikasi pesan ini, sepertinya kamu harus membeli gawai baru 2020 nanti.

Walau kabar bahawa aplikasi ini akan mengkahiri dukungannya untuk sejumlah ponsel di tahun 2020 telah berhembus selama beberapa bulan terakhir. Sepertinya kabar tersebut akan menjadi kenyataan dalam beberapa hari lagi.

Berbagai aplikasi memang terus melakukan perbaikan dan pengembangan. Jadi tidak aneh jika perusahaan yang dimiliki Facebook ini juga secara rutin menghentikan dukungannya untuk ponsel model lama setiap tahunnya.

Sebelumnya, Whatsapp telah menghentikan dukungan untuk beberapa ponsel Nokia dan Blackberry. Pada tahun 2020 nanti, Whatsapp akan menghentikan dukungan untuk beberapa ponsel IOS dan juga android. Hal ini tentuny amembuat jutaan pengguna harus berhenti menggunakan aplikasi chat ini atau mulai membeli ponsel model terbaru.

Namun dalam waktu dekat, sejumlah ponsel pintar akan merasakan dampak dari penghentian dukungan ini. Untuk mereka yang menggunakan Windows phone tidak akan bisa lagi menggunakan Whatsapp terhitung mulai esok, 31 Desember 2019.

Jadi para pengguna ponsel ini tidak akan bisa mengirim atau menerima ucapan selamat tahun baru dari teman dan keluarga mereka. Hal ini diungkapkan dalam blog Whatsapp:

“Setelah melalui tujuh tahun layanan, Kami ingin memfokuskan upaya kami pada platform mobile yang banyak digunakan masyarakat. Jadi pada akhi ratahun 2019, Kami akan menghentikan dukungan Whatsapp messenger pada beberapa platform mobile.

“Walau perangkat mobile ini telah menjadi bagian penting dalam kisah Kami, perangkat tersebut tidak memiliki kemampuan yang Kami perlukan untuk mengembangkan fitur-fitur pada aplikasi kami kedepannya.”

“Hal ini merupakan keputusan yang sulit bagi Kami, tapi hal ini diperlukan untuk memberikan masyarakat cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang mereka cintai menggunakan Whatsapp.”

Daftar lengkap ponsel yang tidak lagi didukung aplikasi ini dapat ditemukan didalam artikel ini. Daftar ini telah diperbaharui sesuai laman dukungan Whatsapp terbaru. Jika kamu merasa bahwa ponsel Windows kamu ketinggalan zaman, kamu tidak perlu merasa heran. Microsoft sendiri sudah  tidak memperbarui dukungan untuk ponselnya beberapa tahun yang lalu.

Jika kamu tidak tertarik untuk menggunakan ponsel dari Samsung atau Apple, ada kabar baik untuk kamu karena Microsoft berencana untuk meluncurkan produk terbarunya pada 2020 nanti. Pada bulan Oktober lalu perusahaan ini mengungkapkan tentang perangkat lipat terbaru mereka yang diberi nama Surface Duo.

Dikabarkan bahwa perangkat ini akan berjalan pada OS Android, bukannya sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Lanjutkan membaca untuk mengetahui kapan dukungan Whatsapp akan berhenti untuk IOS dan Android pada 2020 nanti.

Ponsel pintar yang dukungannya telah dihentikan Whatsapp sebelumnya antara lain:

  • Nokia Symbian S60 tidak akan didukung setelah 30 Juni 2017
  • BlackBerry OS and BlackBerry 10 akan berhenti mendapatkan dukungan setelah 31 Desember 2017
  • Nokia S40 setelah 31 Desember 2018

Ponsel pintar yang akan dihentikan dukungannya, yaitu:

  • Semua ponsel dengan OS Windows setelah 31 Desember 2019
  • Semua Android versi 2.3.7 kebawah tidak akan mendapatkan dukungan Whatsapp setelah 1 Februari 2020
  • iPhone iOS 7 dan versi sebelumnya tidak bisa menggunakan Whatsapp setelah 1 Februari 2020

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi chat lainnya, kamu bisa mencoba salah satu aplikasi chat terbaik 2019. Nama aplikasi ini adalah Ablo. APlikasi yang dikembangkan oleh massiveMedia ini dapat menggantikan Whatsapp di ponsel Android kamu dengan berbagai fitur menarik.

Salah satu fitur yang dimiliki Ablo adalah kemampuannya untuk menerjemahkan pembicaraan secara real time. Bukan hanya tulisan saja, tapi Ablo mampu menerjemahkan obrolan dan video chat para penggunanya langsung

Aplikasi chat lainnya yang bisa kamu gunakan selain Whatsapp adalah Telegram. Walau aplikasi ini tidak sepopuler WA, namun aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan antara lain fitur Telegram desktop yang bisa diakses walau ponsel kamu tidak aktif.

Itulah kabar mengenai Whatsapp dan aplikasi chat alternatif yang bisa kamu gunakan jika kamu sudah tidak bisa menggunakan WA lagi di ponsel kamu. JANGAN LEWATKAN:

Comment

News Feed