by

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Secara Umum

Shared Hosting Secara Umum

Shared hosting adalah sebuah hosting yang merujuk kepada penggunaan bersama server untuk beberapa website. Kami kerap menganalogikan jenis hosting ini dengan sebuah gedung. Shared hosting ini adalah ruangan di dalam gedung dimana kita memakainya bersamaan dengan teman kantor kita.

Dengan kata lain satu komputer fisik digunakan untuk menyimpan data server beberapa website. Bukankah seperti kita berbagai ruangan? Nah seperti itulah gambaran umum mengenai Shared Hosting.

Anda bisa lihat yang membedakan antara Shared hosting, VPS, Dan juga Dedicated Hosting dengan melihat gambar ini.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Secara Umum

Lalu apa sih kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh Shared hosting ini?

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebenarnya cara kerjanya sama saja dengan hosting lainnya. Pada dasarnya Shared Hosting ini adalah dedicated komputer server yang digunakan oleh banyak pengguna dan biasanya spesifikasi disesuaikan oleh provider.

Pada kelebihan da kekurangan shared hosting ini kita harus tahu bahwa kita tidak memiliki akses root ke komputer tersebut yang berarti kita hanya bisa mengakses file website. Berbeda dengan dedicated server dimana kita bebas install OS server dan lain – lain.

Kelebihan Yang Dimiliki

Sebenarnya ada banyak kelebihan dan kekurangan shared hosting yang bisa kita ketahui, namun kita akan membahas yang secara umum bisa berpengaruh langsung di kehidupan kita sehari – hari.

Memiliki Harga Paling Terjangkau

Shared hosting memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga anda tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk membuat sebuah website dan blog berjalan. Dalam sebuah teori shared hosting ini sama saja kita iuran untuk menyewa sebuah tempat untuk dijadikan sebagai kantor.

Fleksibel

Selain itu Shared Hosting ini juga fleksibel karena kita bisa updgrade kapan saja sesuai dengan perkembangan website yang kita miliki.

Cocok Untuk Pemula

Kelebihan dan kekurangan shared hosting selanjutnya adalah mudah digunakan. Kita tidak perlu mengintall secara terpisah seperti CPanel, OS server, dan lain – lain. Dengan menggunakan Shared hosting kita tinggal pakai saja.

Selain itu anda juga tidak perlu memikirkan maintenance karena sudah dipastikan hardware yang dimiliki sudah dimaintenanced oleh provider.

Kekurangan Yang Dimiliki

Adapaun kelebihan dan kekurangan shared hosting di atas, kali ini kita bahas dari sisi kekurangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya.

Tidak Cocok Untuk Website Trafik Tinggi

Memang shared hosting sangat cocok untuk pemula, namun jika website atau blog anda berkembang dengan pesat maka layanan dan produk satu ini sangat tidak cocok untuk anda. Sebaiknya anda segera updgrade layanan sesegera mungkin jika sudah memiliki visitor yang cukup banyak.

Pembagian Resources

Dengan menggunakan Shared hosting jika dilihat dari gambar di atas tentunya kita berbagai dengan website lain bukan? Nah hal ini juga berpengaruh terhadap performa website. Performa website ini akan terpengaruh yang menyebabkan kecepatan tidak bisa melebihi orang yang menggunakan VPS hosting.

Comment

News Feed