by

Kenalan Aplikasi Lancang Kuning Yang Berfungsi Pantau Karhutla Dari Riau

Aplikasi Lancang Kuning yang bisa digunakan untuk mengurangi dan mengatasi dampak karhutla

Rentetan TeknoAplikasi Lancang Kuning adalah sebuah bentuk keseriusan dari Kepolisian Riau dalam menangani kasus kebakaran hutan yang sering melanda wilayah provinsi mereka.

Seperti dilansir dari Kumparan, pada 25 Januari 2020 yang lalu Kapolda Riau yang dijabat oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mempraktikan langsung cara kerja dari dashboard aplikasi lancang kuning ini.

Kenalan Aplikasi Lancang Kuning Yang Berfungsi Pantau Karhutla Dari Riau

Disampaikannya bahwa aplikasi ini diharapkan untuk bisa menekan angka karhutla dengan memuat dan menampilkan titik api, jumlah personel, peralatan, embung dan faktor lainnya yang bisa digunakan untuk memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dalam demonstrasi aplikasi lancang kuning ini bahkan Kapolda Riau mempraktekan langsung dengan menelepon seorang petugas yang sedang menyelesaikan tugas pemadaman di hutan Provinsi Riau.

“Teknologi ini memanfaatkan empat satelit, Satelit Tera, Nora, Lapan, dan Aqua” kata Irjen Agung. Beliau juga menyebutkan bahwa dari keempat satelit tersebut mereka dapat mengentahui titik api yang tersebar di seluruh daerah.

Comment

News Feed